Judul : 18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia
link : 18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia
18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia
18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
Penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi telah dirancang oleh pemerintah sejak tahun 2010. Perancangan ini menurut Nurla Isna Aunillah (2011, hlm. 9) dilakukan sebab selama ini, “dunia pendidikan dinilai kurang berhasil dalam mengantarkan generasi bangsa menjadi pribadi-pribadi yang bermartabat”. Dunia pendidikan kita hanya mampu melahirkan lulusan manusia dengan tingkat intelektual yang memadai. Banyak dari lulusan sekolah yang memiliki nilai tinggi, cerdas, dan mampu menyelesaikan soal mata pelajaran dengan sangat cepat, namun sayangnya tidak sedikit diantara mereka tidak memiliki perilaku cerdas serta kurang mempunyai mental kepribadian yang baik. Padahal tujuan pendidikan adalah “menjadikan manusia berkarakter, manusia yang mulia, manusia yang manusiawi” (Andrias Harefa, 2013, hlm. 200).
“Di dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter bangsa Indonesia yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional” (Kemendiknas, 2010, hlm. 9). Nilai-nilai ini diharapkan dapat diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga lambat laun akan membentuk karakter peserta didik.
18 nilai pembentuk karakter bangsa Indonesia tersebut dipaparkan pada tabel berikut:
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
1.
|
Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
|
2.
|
Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
3.
|
Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
|
4.
|
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan serta peraturan.
|
5.
|
Kerja keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
6.
|
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
|
7.
|
Mandiri
|
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
8.
|
Demokratis
|
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
9.
|
Rasa ingin tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
|
10.
|
Semangat kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompok.
|
11.
|
Cinta tanah air
|
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesediaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
|
12.
|
Menghargai prestasi
|
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
|
13.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
|
14.
|
Cinta damai
|
Sikap perkataan dan tidakan yang menyebabkan orang lain menjadi senang serta aman atas kehadiran dirinya.
|
15.
|
Gemar membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
16.
|
Peduli lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitar, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
17.
|
Peduli sosial
|
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
18.
|
Tanggung jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya ia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
Referensi
Aunillah, N. I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.
Harefa, A. (2013). Menjemput Keberuntungan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kemendiknas (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Demikianlah Artikel 18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia
Sekianlah artikel 18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 18 Nilai Pembentuk Karakter Bangsa Indonesia dengan alamat link https://datakerjapns.blogspot.com/2017/05/18-nilai-pembentuk-karakter-bangsa.html